Kamis, 30 Oktober 2014

Aspek Pemasaran olx.co.id

olx.co.id merupakan situs online classified terbesar di Indonesia yg menyediakan media yg mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan

Mission
Misi Tokobagus adalah memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia khususnya komunitas jual-beli dimana semua orang di Indonesia dapat melakukan promosi serta transaksi jual beli segala jenis barang & jasa yang tentunya sesuai dengan batasan moral, etika, agama dan hukum di Indonesia.

Description
OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus.com) merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX.co.id menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari.

Gambaran Perusahaan
Tokobagus merupakan situs jual beli & iklan gratis TERBESAR di Indonesia.
Dengan lebih dari 1,5 juta member dan terus bertambah, Tokobagus telah dipercaya oleh jutaan individu & perusahaan yang ingin produknya dikenal secara luas di internet, dan tentu saja untuk meningkatkan hasil penjualan mereka.
Jutaan orang telah mempercayakan urusan jual beli barang/jasa mereka di Tokobagus.



Spesifik produk

Olx.com ini menjual berbagai macam produk. Yang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu mobil, motor, properti, keperluan pribadi, elektronik&gadget, hobi&olahraga, rumah tangga, perlengkapan bayi&anak, kantor&industri dan jasa&lowongan kerja. Produk yang dijual di olx merupakan  barang bekas dan ada barang baru walau barang second biasanya barang itu masih memiliki garansi atau baru beberapa kali dipakai oleh penjualnya. Produk yang dijual di olx memiliki harga yang lebih rendah daripada di toko-toko walau ada juga dijual dengan harga tinggi tetapi kita bisa nego harga. Produk ini dijual secara online bisa COD dan kirim barang. Produk-produk ini dijual ke seluruh wilayah Indonesia. Kita juga bisa memilih lokasi sesuai dengan lokasi kita untuk membeli barangnya.




Segmentasi produk
Produk yang dijual di olx.com ini di bagi menjadi beberapa kategori seperti gambar diatas. Jadi kita bisa memilih barang sesuai dengan keinginan kita dan apa yang sedang kita cari. Didalam kategori itu ada kategori lagi seperti berikut ini :





Analisis situasi pasar
Saya sering belanja di olx.com ini alhamdulillah selama saya belanja disini barang selalu datang tepat waktu dan barangnya sesuai tetapi kadang barang itu tidak sesuai dengan yang kita pesan dari segi bahan atau modelnya. Saya juga pernah membeli gadget di olx dengan system COD yaitu ketemuan langsung dengan orangnya. Saya juga pernah membeli sepeda dan sepeda itu diantar langsung ke rumah saya alhamdulillah barangnya sampai saat ini masih bagus.  Penjualnya ada yang slow respon dan fast respon. Terkadang pada saat kita sudah tf suka slow respon dan saya pernah mengalami sudah transfer tetapi dibilang belum masuk uangnya pada saat saya tanya penjualnya slow respon dan akhirnya pada sore harinya baru masuk uang tf saya. Untuk membeli barang di olx ini kita harus bisa memilih dengan teliti apakah trused atau no trusted dengan cara melihat member penjual sejak kapan, barang itu dilihat oleh berapa orang dan no iklannya.

Analisis pesaing
Pesaing dari olx ini sangat banyak yaitu kaskus, elevenia, lazada, berniaga, tokopedia, zalora, bhinneka, tetapi saya lebih suka belanja di olx, kaskus dan elevenia. Elevenia ini termasuk toko online yang bagus dan trusted menurut saya. Semua dilakukan secara langsung melalui webnya kalau di olx itu kita sms ke penjualnya. Pada saat belanja di elevenia saya memesan parfum dan stocknya tinggal 1 ternyata pada saat udah tf  barang sudah habis dari pihak elevenia mengirim email ke saya untuk mengirimkan no rekening untuk melakukan refund.  Terkadang kita mencari barang yang lebih murah dengan produk yang sama dan kualitas yang sama dengan membandingkan toko online yang ada.




Strategi promosi
Promisi yang dilakukan melalui ikan di Televisi  sampai pergantian nama tokobagus menjadi olx itu di iklankan di TV. Selain di TV promosi dilakukan dengan memasang iklan di Koran dan kadang ada juga di sebuah web seperti contoh di facebook dibagian kanannya suka ada iklannya.

Media promosi berbasis TI
TV merupakan media promosi berbasis TI dan orang-orang cepat melihatnya. Jadi banyak orang yang ingin membeli produk dengan harga terjangkau di olx.

KOMENTAR
Menurut saya olx itu toko onine yang terpercaya barang-barang yang dijual bagus sesuai dengan yang kita inginkan walau terkadang kita suka tertipu dengan pic yang ada dilihat bagus barang mulus tetapi pada saat kita pakai beberapa hari barang sudah rusak terutama gadget. Di olx ini juga ada penjual yang masih suka menipu, saya kalau belanja di olx melihat dari member dan testi orang yang sudah pernah belanja di penjualnya.
Kita juga suka membandingan harga antara toko online yang satu dengan yang lainnya. Belanja di olx juga bisa nego harga. Bila kita ingin belanja di toko imline sebaiknya kita harus tau apakah trusted atau tidak karena masih banyak toko online yang suka menipu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar