Kamis, 02 Oktober 2014

MOTIVASI BELAJAR



Menurut saya motivasi belajar itu suatu perubahan dari tingkah laku yang terjadi pada dalam diri kita atau dari luar diri kita untuk membuahkan suatu hasil dan tujuan yang kita inginkan. Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam motivasi belajar. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk memotivasi dirinya.
Motivasi belajar saya adalah saya pasti bisa untuk mendapatkan nilai yang tinggi dan sama seperti anak-anak yang juara kelas, mereka saja bisa kenapa saya tidak bisa? dengan seperti itu saya harus lebih meningkatkan belajar saya dan mencoba mengulang pelajaran pada sekolah atau kuliah. Dengan mendapatkan nilai yang tinggi dan menjadi juara kelas itu memiliki kebanggan sendiri untuk saya. Dan Alhamdulillah saya pernah menjadi juara sekolah pada saat SMA. Dengan kebanggan itu saya berfikir upaya saya bekerja keras dalam belajar dan selalu mencoba pelajaran yang ketinggalan dikelas itu ternyata tidak sia-sia.

Orang tua saya juga selalu memberikan motivasi dengan cara menceritakan bagaimana cara belajar pada saat ibu saya SMA dan kuliah, dengan cerita itu juga dapat memotivasi saya harus lebih giat lagi dalam belajar dan harus bias membagi waktu antara belajar, bermain, mengerjakan tugas, les bimbel dan kegiatan lain. Alhamdulillah saya bisa membagi semua itu dan mempertahankan semua nilai-nilai saya.
Dalam belajar setiap orang memiliki cara yang berbeda seperti mendengarkan musik. Cara belajar saya itu saya belajar harus dengan keadaan tenang dan sepi bila ramai saya tidak akan focus dan tidak bisa mengerjakannya secara maksimal. Kita juga harus mengatur jadwal belajar kita kalau saya belajar pada malam hari dan subuh. Pada saat subuh itu waktu yang tepat untuk belajar karena otak kita belum berfikir yang lain dan masih fresh jadi banyak materi yang dapat kita pahami.
 Untuk mendapatkan target yang sesuai kita inginkan kita harus bisa meluangkan waktu kita setiap hari minimal 1 jam atau sesuai kemampuan diri kita masing-masing secara focus untuk belajar atau mengulang pelajaran. Walau saya sekolah di swasta terus tapi saya bersyukur karena di sekolah swasta itu saya bisa menjadi terbaik dan mendapatkan yang terbaik. Saya termasuk orang yang disiplin dalam mengerjakan tugas dan tepat waktu, selalu berusaha mengerjakan tugas itu secara maksimal.
Pada waktu SD motivasi belajar saya adalah hadiah karena pada saat itu orang tua saya akan memberikan hadiah bila saya mendapatkan juara kelas tapi saya tidak bisa mendapatkan juara kelas itu dan akhirnya hadiah itu gagal diberikan kepada saya. Kejadian itu pada saat SD kelas 2 karena umur segitu banyak anak kecil bukan saya saja yang dberikan hadiah bila mendapatkan juara sampai saat ini pun mungkin masih ada motivasi belajarnya adalah sebuah hadiah.
Jadi banyak hal yang dapat memotivasi diri kita dalam belajar salah satunya pasti motivasi dari orang tua. Motivasi orang tua itu sangat berharga bagi saya karena orang tua yang membiayakan sekolah kita dengan itu kita harus memberikan yang terbaik untuk orang tua dan membanggakan orang tua dengan prestasi yang kita dapat. Motivasi itu sangat penting karena dengan motivasi itu kita mempunyai tujuan yang harus kita capai dan melakukan perubahan dalam tingkah laku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar