Rabu, 16 November 2011

10 NOVEMBER

Pada tanggal 10 November, Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Hari besar ini diperingati mengacu pada peristiwa tanggal 10 November 1945 ketika terjadi Pertempuran Surabaya.
Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.
Jika puluhan tahun silam, para pahlawan pembela negara berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan, pada saat ini apa yang bisa kita lakukan untuk masa kini? Jiwa-jiwa kepahlawanan seperti apa yang bisa kita lakukan pada diri sendiri dan sekeliling kita untuk menjadikan lingkungan kita lebih baik? Apakah kita sendiri bisa berperan layaknya sebagai  pahlawan?
Pahlawan tidak hanya sebagai pembela Negara, tetapi ada juga pahlawan keluarga, pahlawan pendidikan, dan pahlawan-pahlawan lainnya yang berkorban. Kita sendiri bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dengan melakukan tindakan – tindakan kecil dengan niat yang baik dan ketulusan, tetapi semua itu tidak akan terjadi jika tidak di lakukan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari – hari kita.
Menjadi pahlawan sebenarnya bukan semata menjadi "sang penyelamat", tapi menjadi sang penyemangat, sang penggerak, sang pelopor, dan berbagai hal positif lainnya yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar