Sabtu, 20 April 2013

Skype



Hari ini saya akan menulis tentang contoh social network salah satu contoh yang saya ambil adalah tentang skype. Sebelumnya saya akan mendefinisikan apa sihh social network itu. Social network merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan. Layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs social networking yang populer dewasa ini antara lain facebook, twitter, skype, yahoo masseger, dll. Nahhh sekarang saya akan menjelaskan apa itu skype, kelebihan dan kekurangan seperti apa..?? dll.. ayooo langsung saja kita mulaii.. hehehhe



Sejarah 


Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna

Konsep

Kita akan menggunakan Skype untuk melakukan penyampaian presentasi secara langsung dengan menggunakan komunikasi suara dan video, sehingga yang tampil di ruang kelas jauh tidak sekedar presentasi visual saja, tetapi dilengkapi dengan suara dan video dari dosen yang ada di lokasi yang lain. 
Untuk melakukan hal ini sangatlah mudah apabila pembaca mengikuti langkah-langkah sesuai dengan prosedur. Pertama, siapkan komputer yang menggunakan webcam atau laptop, kedua sambungkan kabel internet  Ketiga, berikutnya nyalakan Skype, kemudian panggil salah satu komputer yang ada di kelas jauh, atau komputer lain yang ada di kelas lainnya. Jika, skenario yang digunakan adalah point to point, dimana akan ada satu pengirim pesan dan satu penerima pesan, seperti pada gambar dibawah, maka kita dapat mengaktifkan fitur panggilan video yang ada di dalam Skype, sehingga baik peserta didik maupun dosen dapat saling melihat tampilan video 
Namun jika skenario yang digunakan adalah komunikasi multipoint dimana ada satu pengirim pesan dengan banyak tempat yang menerima pesan (seperti terlihat pada gambar di bawah ini), maka metode komunikasi yang dapat dilakukan via Skype hanya dengan suara saja (audio call).
Teknologi
VoIP berhubungan erat dengan teknologi fantastis lainnya, Internet. Alih-alih mengirimkan sinyal lewat jaringan PSTN, baik berupa analog atau digital, aplikasi VoIP menggunakan SIP (Session Initiation Protocol), -sebuah variasi dari protokol standar-, untuk menciptakan paket data dan mengirimnya lewat jaringan yang sama dengan jaringan yang anda pergunakan untuk email dan surfing.

Dengan menggunakan paket data, sebuah teknologi dapat digunakan untuk membawa lebih dari sekedar suara mono yang dilakukan oleh telepon jaman dulu. VoIP mampu membawa data teks, gambar, live video dan stereo sound berkualitas tinggi, tentunya tergantung dari seberapa besar bandwitdh anda.
 Kelebihan
-    Dapat mempermudah komunikasi
-    Dapat bertukar informasi 
-    Dapat bertatap muka dari jarak jauh
-  Dapat melakukan panggilan telepon melalui protokol internet, yang biayanya bisa jauh lebih murah.
-   Kualitas suara yang lebih baik
-   Mudah digunakan
-   Skype gratis
Kekurangan
jika skype disalah gunakan untuk kejahatan seperti yang sekarang ini terjadi misalnya membocorkan informasi rahasia suatu instasi maka dengan cepat rahasia itu dapat terbongkar ke publik dan akan berdampak ketidak nyamanan bagi masyarakat yang melihat dan membacanya
-    Memerlukan memori atau kapasitas yang besar
Keamanan

Setiap panggilan dan pesan instan dikodekan oleh Skype pada ujung satu dan lainnya untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini perlu karena seluruh panggilan/ pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas Internet untuk publik.

Pemanfaatan


Skype adalah aplikasi yang digunakan untuk bersosialisasi antar teman, kolega, rekan kerja, dosen maupun orang tua baik yang ada di satu wilayah maupun luar negeri .Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) yang dapat mempermudah penggunnya berkomunikasi via web cam dengan bersistem voip yang artinya berhubungan dengan suara seperti telepon. Dengan Skype kita dapat melakukan panggilan dengan murah bahkan gratis, baik voice call maupun video call. Gratis untuk panggilan antar komputer, dan untuk panggilan ke telepon rumah atau handphone luar negeri lebih murah bila dibandingkan dengan menggunakan operator lokal. Jika dibandingkan software serupa Skype memiliki kualitas VoIP yang lebih baik. Selain untuk panggilan, Skype juga dapat digunakan untuk chatting, kirim SMS, Conference, Sent File, Voicemail hingga Call Forward.

Pengembangan 

Sudah lumayan cukup bagus dengan adanya video call, chatting, bisa mengirim pesan. Namun yang perlu diperbaiki mungkin koneksinya karena membutuhakan koneksi yang cukup besar. dengan koneksi yang cukup besar membuat skype suka terputus pada saat kita sedang mengobrol.


http://id.wikipedia.org/wiki/Skype
http://blognyaanggaa.blogspot.com/2010/11/pengertian-skype.html
http://irfan-na.blogspot.com/2009/08/skype-bagaimana-cara-kerjanya.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar