Sabtu, 08 Desember 2012

KONVERGENSI TEKNOLOGI



Konvergensi teknologi pada dasarnya merupakan penyatuan media ke dalam satu basis media yang tunggal.selain itu, istilah lain juga menyebutkan bahwa konvergensi teknologi merupakan sebuah bentuk yang menggabungkan antara teknologi tradisional dan teknologi yang baru. Seiring perkembangan zaman dan semakin banyak ditemukan teknologi baru yang lebih mutakhir, maka semakin berkembang sebuah model baru yang kemudian dikenal dengan istilah digitalisasi media. Segala bentuk media yang masih bersifat analog mulai dikonversikan ke dalam bentuk digital. Bentuk digital ini meiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan media yang masih bersifat analog. Keunggulan tersebut diantaranya adalah : kemudahan akses, praktis, dan data dapat diterima lebih cepat. Konvergensi teknologi itu dapat menjadi trend dalam masyarakat dan mengubah cara hidup masyarakat dan bisnis.

 
Dalam konvergensi teknologi, informasi diubah dalam bentuk yang bersifat digital dan kemudian disalurkan melalui sebuah jaringan pita lebar atau yang lebih dikenal dengan istilah broadband dan tanpa kabel atau yang dikenal dengan istilah wireless. Setelah itu, data yang sudah disalurkan tersebut ditampilkan dalam sebuah jaringan computer atau perangkat pendukungnya. Dimulai dari perangkat telepon seluler hingga dalam bentuk PDA. Kemudian piranti tersebut terhubung dengan recorder dan terhubung ke dalam pesawat televise.
Adapun beberapa contoh dari konvergensi dalam bidang teknologi adalah sebagai berikut : kita ambil saja contoh yang dekat dengan kita, yaitu televisi. Hampir setiap orang melihat televisi setiap hari. Saat ini, televisi dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu. Dulu, mungkin kita hanya dapat menikmati televisi di rumah saja yang masih berbentuk kotak dan berukuran agak besar. Televise tersebut tidak dapat kita bawa kemana-mana. Saat ini, setiap orang dapat mengakses televise melalui media yang lain yang lebih praktis, efektif, dan efisien. Setelah terjadi konvergensi teknologi, televise itu sendiri dapat kita nikmati dalam berbagai bentuk serta layanan yang beragam.
Selain itu konvergensi teknologi yang maju dengan pesat yaitu handphone. Hampir setiap orang memiliki handphone, pada zaman dahulu belum ada namanya handphone tapi pada saat ini handphone sudah bisa kita beli dengan harga yang murah dan memiliki fitur yang bagus. Hampir setiap bulannya handphone mengeluarkan produk - produk baru yang memiliki fitur-fitur yang lebih bagus dan canggih. Handphone ini digunakan untuk berkomunikasi dengan yang lain dan dengan handphone kita dapat mencari informasi yang terbaru.
Pada saat ini, kita dapat merasakan efek dari adanya konvergensi teknologi. Melalui teknologi yang berbasis konvergensi digital, setiap orang dapat mengakses informasi sesuai yang diinginkan. Sebuah informasi tertentu dapat disajikan dalam berbagai bentuk, sehingga dapat memudahkan setiap orang yang akan mengaksesnya. Jika kita bandingkan dengan zaman dahulu, informasi dalam media yang masih bersifat tradisional dapat diartikan berbeda oleh masyarakat.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar