Kamis, 04 Oktober 2012

New Media



Secara harfiah kata “media” berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah New Media sendiri baru muncul pada akhir abad 20 yang dipakai untuk menyebut sebuah media baru yang menggabungkan media-media konvensional dengan Internet sebagai produk teknologi komunikasi dimedia. Beberapa contoh teknologi yang menjelaskan tentang new media seperti yang ada pada kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi sering kita jumpai. misalnya pada website yang sering kita gunakan seperti facebook atau twitter.

Lev Monovich adalah seorang penulis buku media baru dan profesor seni visual Universitas California, San Diego, Amerika Serikat dan Eropa Graduate School di Saas-Fee, Swiss, di mana ia mengajar seni media baru dan teori, studi software, dan humaniora digital. Bukunya paling terkenal adalah The Bahasa Media Baru. Manovich menjelaskan prinsip-prinsip umum yang mendasari media baru yaitu : Representasi numerik, Modularitas, Otomatis, Variabilitas dan Transcoding.



Manfaat new media :
- kita mendapatkan sarana baru yang bisa untuk saling berinteraksi dengan orang lain (media komunikasi).
- selain sebagai media komunikasi new media juga dapat memberikan informasi terbaru dengan cepat.

Pengaruh new media terhadap masyarakat :- Dapat memberikan informasi terbaru.
- Masyarakat menjadi lebih mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum jelas di internet.
- Masyarakat cenderung meninggalkan segala sesuatu yang sifatnya paper based.


Menurut saya, new media sangat penting karena membuat segala sesuatu menjadi lebih praktis. New media berkontribusi besar dalam berkembangnya segala aspek kehidupan seperti bisnis, relasi, kebutuhan akan informasi dan lain-lain. Namun, penggunaan new media harus sesuai dengan kebutuhan dan kita sebagai pengguna juga harus cerdas dalam menggunakannya sehingga pada akhirnya new media hanya akan memberikan manfaat bukan pengaruh yang buruk terhadap masyarakat.

Nama : Lucky Suyanti
Kelas : 2IA08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar